> >

Jokowi: Indonesia Negara Paling Dermawan di Dunia Menurut Survei Internasional

Peristiwa | 25 September 2024, 14:59 WIB
Presiden Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Tangkapan Layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menyebut Indonesia menempati peringkat nomor satu negara paling dermawan menurut survei internasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024).

“Indonesia menurut survey internasional yang terakhir itu adalah negara yang paling dermawan di seluruh dunia, paling dermawan, ranking 1, itu luar biasa alhamdulillah,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Sebut Investasi Asing yang Masuk ke IKN Banyak: Diseleksi, Tidak Semua Langsung Disetujui

Oleh karena, Jokowi berharap Baznas mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan melakukan tata kelola yang baik. Sebab sejak dimulainya gerakan cinta zakat pada tahun 2021, pertumbuhan zakat di Indonesia naik 30 persen.

“Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia tentu saja potensi zakat kita juga masih sangat besar untuk bisa kita gali dan kita kelola dengan baik,” ujar Jokowi.

“Oleh sebab itu saya berharap Baznas ke depan dapat melakukan terobosan-terobosan, baik melalui edukasi kepada Masyarakat, yang paling penting adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk membangun sebuah tata kelola yang baik, tata kelola yang profesional, dan kalau masyarakat percaya semuanya zakat akan disalurkan lewat Baznas, itu tujuan kita,” ucapnya.

Baca Juga: Hari Pertama Kampanye, RK-Suswono Ziarah ke Makam Tokoh Betawi di Karet Bivak Jakarta Pusat

Apalagi, lanjutnya, terakhir hasil zakat yang disalurkan melalui Baznas mencapai Rp300 triliun. “300-an triliun rupiah, sangat besar sekali,” kata Jokowi.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU