> >

Menteri Sandiaga Uno Ingin Cerita Rakyat Jadi Nilai Tambah Pariwisata

Peristiwa | 22 Februari 2021, 05:00 WIB
Menteri Pariwasata Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Parekraf Sandiaga Uno (Sumber: kemenparekraf.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menginginkan cerita rakyat menjadi nilai tambah pariwisata. Politisi Partai Gerindra ini terinspirasi saat  mengunjungi spot wisata Pamandian Aek Sipaolak Hosa yang berada di Puncak Bukit Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabuaten Dairi, Sumatera Utara. Kedatangan Sandi ditemani oleh politikus Partai Demokrat Hinca Panjaitan, yang memberikan penjelasan kepada Sandi.

Seperti namanya,  Aek Sipaolak Hosa berarti air yang mengembalikan tenaga. Sehingga dipercayai oleh masyarakat sekitar dapat menghilangkan rasa lelah.

Namun, legenda yang menyertainya pun terbilang unik. Aek Sipaolak Hosa merupakan legenda perjalanan Raja Silahisabungan saat sedang melakukan perjalanan dengan istrinya yang sedang mengandung. Sang istri kehausan, lalu Raja Silahisabungan menancapkan tongkat ke batu, air pun muncul dari batu tersebut.

Baca Juga: Ajukan Dangdut sebagai Warisan Budaya ke UNESCO, Sandiaga Uno: Dangdut is The Music of My Country

Sandiaga mengatakan, kisah legenda atau cerita rakyat seperti inilah yang bisa diangkat sebagai nilai tambah bagi wisatawan yang berkunjung ke spot-spot wisata.

"Kisah-kisah legenda atau cerita rakyat seperti inilah yang bisa kita angkat sebagai nilai tambah bagi wisatawan untuk mendapatkan pengalaman wisata yang berbeda," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Minggu (21/2/2021).

Baca Juga: Order Lontong Sayur Lewat Grabfood, Sandiaga Uno: Bangga Buatan Indonesia

Dari kisah sang raja tersebut, Sandi meyakini bahwa  legenda atau cerita rakyat merupakan salah satu kekayaan lokal yang dimiliki setiap daerah di Indonesia.


"Wisata berbasis story telling ini dapat menjadi terobosan baru untuk memperkenalkan destinasi wisata di Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk menciptakan lapangan kerja," demikian Sandiaga. 
 

Penulis : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU