> >

Tujuh Relawan "White Helmets" Tewas Tertembak

Berita kompas tv | 13 Agustus 2017, 08:20 WIB

Warga mengiringi kepergian tujuh relawan yang tergabung dalam organisasi kemanusiaan White Helmets. Mereka ditemukan tewas tertembak Sabtu pagi di markas mereka di Kota Sarmin, Suriah, kota yang dikuasai oleh kelompok pemberontak hayat Tahrir Al-Sham.

Belum jelas siapa dan apa motif pelaku, apakah dilatarbelakangi kepentingan politis atau murni tindakan kriminal. Dua kendaraan minibus, helm putih, dan sejumlah walkie talkie pun hilang dari tempat kejadian perkara.

Rekan sejawat ikut dalam proses pemakaman. Doa dari para pengantar pun diucapkan saat jenazah hendak dikuburkan. White Helmets memiliki peranan penting untuk membuka mata dunia atas apa yang terjadi di Suriah. Berkembang tahun 2013, para relawan berjibaku di area pemberontak guna menyelamatkan warga sipil. Proses penyelamatan ditunjukkan melalui video di media sosial.

White Helmets telah menyelamatkan lebih dari 95.024 orang dari serangan di Suriah. Sebagian besar adalah korban serangan udara pemerintah Suriah. Sebanyak 191 anggota White Helmets tewas dalam sejumlah aksi penyelamatan.

Tak semua pihak sepaham dengan apa yang dilakukan White Helmets. Bagi yang berseberangan seperti pemerintah Suriah dan Rusia, White Helmets dituding sebagai jelmaan kelompok teroris.

Penulis : Desy-Hartini

Sumber : Kompas TV


TERBARU