> >

Tegas Jaga Komitmen ESG, Pertamina Bertekad Turunkan Emisi Karbon di Tahun 2060

Energi | 13 Oktober 2024, 11:29 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia tengah berupaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi hijau yang dapat mengurangi kemiskinan serta memastikan inklusi sosial, kelestarian lingkungan dan efisiensi sumber daya.

Pertamina sebagai BUMN turut berdedikasi menjalankan ESG demi mencapai net zero emission kelak di tahun 2060 untuk mencapai pengurangan emisi karbon dan mengedepankan teknologi energi terbarukan beragam inovasi dikembangkan dalam dekarbonisasi dari setiap unit perusahaan dari hulu ke hilir.

ESG merupakan pembahasan global di tengah ancaman perubahan iklim terkait industry.

Perencanaan itu sudah terkandung dalam peta jalan atau road map dalam jangka menengah dan panjang dengan 10 kebijakan yang menentukan keberlanjutan terkait lingkungan.

Menangani perubahan iklim mengurangi jejak lingkungan melindungi keanekaragaman hayati peningkatan kesehatan dan keselamatan kerja pencegahan insiden besar pemberdayaan karyawan, mendorong inovasi penelitian, memperluas keterlibatan dan dampak komunitas melalui kerjasama memperkuat keamanan siber dan juga fokus tata kelola perusahaan.

Pertamina dapat meraih pencapaian tertinggi hingga menduduki peringkat pertama di dunia berdasarkan usaha berkelanjutan jangka panjang tanpa merusak lingkungan.

Penghargaan internasional itu mengantarkan perusahaan BUMN dalam industri minyak dan gas bumi unggul dari 61 persero di dunia.

Pertamina berinovasi dengan membangun bisnis rendah emisi melalui biofuel dengan pencarian carbon offset.

Vice President Corporate Commuication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso memaparkan upaya perusahaan berjalan dengan baik.

Penerapan teknologi tinggi nyatanya masih menghadapi tantangan yakin mahalnya nilai jual. Meski demikian, Pertamina terus menjalin dan mengembangkan  penelitian pihak asing melalui transfer ilmu pengetahuan dengan pihak otoritas bahkan expertise.

Fadjar menegaskan bahwa pertamina tetap akan berpegang teguh dengan komitmennya terhadap ESG kedepannya.

Meski pembiayaan masih sangat mahal dan butuh penyetaraan teknologi, Pertamina yakin bahwa regulasi dalam EBT bahkan sumber daya manusia dapat tercapai jika dipersiapkan dengan matang.

Baca Juga: PT Pertamina Training and Consulting Buka Lowongan Kerja untuk D3-S1, Penempatan Jakarta

#pertamina #esg #kompastv #bumn

Penulis : Shinta-Milenia

Sumber : Kompas TV


TERBARU